Jelajah Wisata
Berita

Inilah 8 Spot Menyelam Terbaik di Raja Ampat


dok

 

Hai Travelers.. Jika ingin merasakan sensasi menyelam yang luar biasa, tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, di Indonesia menyimpan banyak sekali spot menyelam terbaik yang kerap menjadi incaran para penyelam dari seluruh penjuru dunia, lho. Salah satu destinasi menyelam yang paling terkenal adalah di Raja Ampat. Ya, gugusan pulau di timur Indonesia ini menawarkan panorama surgawi bawah laut yang sungguh luar biasa memesona. Bahkan, pesonanya sudah kian mendunia, hingga menjadikannya sebagai salah satu destinasi menyelam terbaik di seluruh dunia.  Nah, jika Travelers  sedang mencari spot menyelam terbaik di Raja Ampat, berikut adalah beberapa destinasi menyelam paling populer dan wajib dikunjungi!

 

1 | Cross Wreck

Di spot ini, Travelers  bukan hanya akan dimanjakan oleh biota laut yang berwarna-warni, tetapi Travelers  juga akan melihat sebuah bangkai kapal milik Angkatan Laut Jepang yang tenggelam pada masa Perang Dunia II setelah menyelam sedalam kurang lebih 18 meter. Tak heran jika Cross Wreck menjadi salah satu spot menyelam yang tak boleh ketinggalan saat berada di Raja Ampat. Travelers  bisa mengeksplorasi kapal tersebut sambil ditemani oleh berbagai macam ikan yang tinggal di bangkai kapal. Sebut saja beberapa jenis ikan, seperti ikan singa, udang mantis, ikan daun, ikan setan, dan masih banyak lagi!
 

2 | Blue Magic

Selanjutnya, Travelers  akan terkagum karena Blue Magic mempunyai pesona yang tiada duanya. Destinasi ini berada di antara Pulau Kri dan Pulau Waisai. Nama Blue Magic diberikan tentu bukan tanpa alasan. Nama tersebut merupakan representasi dari keindahan air laut yang berwarna biru menawan, yang disempurnakan oleh kecantikan terumbu karang dan keragaman biota laut lainnya. Ada barakuda, ikan tuna, red snappers, rainbow runners, dan masih banyak lagi! Jika beruntung, Sobat Pesona juga bisa bertemu dengan Hiu Blacktip Reef dan Grey Reef atau melihat Mantas, lho. Nah, karena arusnya yang cukup kuat, lokasi ini disarankan untuk para penyelam berpengalaman ya..
 

3 | Batu Lima

Sobat Travelers  masih pemula dalam hal menyelam? Jangan khawatir, datang saja ke Batu Lima! Spot ini terletak di Selat Dampier. Arus yang tidak terlalu kuat karena tertahan oleh batu karang yang berukuran besar, membuat para penyelam pemula berbondong-bondong menjelajahi Batu Lima. Hanya menyelam beberapa meter saja, terumbu karang cantik berwarna ungu sudah bisa terlihat dengan jelas. Aneka biota laut juga sudah siap memanjakan mata, termasuk si langka Hiu Blacktip Reef. Wah, menarik sekali bukan?
 

4 | Pulau Misool

Pulau yang berbatasan langsung dengan Laut Seram ini merupakan bagian dari daerah segitiga karang dunia. Sekitar 75 persen penghuni di laut ini adalah ikan hias. Tak heran, jika banyak yang menyebutnya sebagai salah satu ‘surga’ bagi biota laut. Ada beragam jenis ikan, penyu, hiu, dan terumbu karang yang menghuni tempat ini.
 

5 | Tanjung Kri

Raja Ampat memang tak ada habisnya, terutama jika bicara soal spot menyelam. Kali ini, ada destinasi diving unggulan yang bernama Tanjung Kri. Ada banyak spesies ikan yang hidup di sini. Bahkan, saking banyaknya ikan yang ada di sini, sinar matahari pun tak bisa masuk ke dalam, lho! Beberapa jenis ikan yang paling mudah ditemukan adalah butterflyfish, sweetlips, angelfish, fusilier, ikan kakap, dan ikan tuna. Dan, yang menjadi daya tarik bagi pengunjung dari spot ini adalah keberadaan hiu karpet atau wobbegong yang habitat aslinya berada di perairan Australia.
 

6 | Selat Dampier

Destinasi di Raja Ampat benar-benar memesona, termasuk di Selat Dampier. Di perairan ini, Travelers  akan berjumpa dengan berbagai macam ikan besar antara lain ikan hiu, cakalang, tuna, kakap, kerapu, bobara, dan barakuda. Spot ini juga merupakan tempat singgah bagi paus, lumba-lumba dan duyung. Banyak yang menyarankan penyelam pemula untuk mencoba spot ini, sebab dinilai lebih aman. Nah, selain berbagai biota laut yang menjadi destinasi para penyelam, gua-gua laut di sini juga siap untuk kamu eksplorasi, lho!
 

7 | The Passage

Spot ini berupa ngarai sempit yang terletak di antara Pulau Gam dan Waigeo. Bentuknya mirip seperti sungai dengan kedalaman sekitar 20 meter. Jika ingin menyelam di sini, pastikan Travelers sudah mahir dan berpengalaman ya, karena arusnya cukup kuat dan tak terduga. Jika sudah mantap untuk menjelajahi pesona spot ini, usahakan untuk datang sebelum jam 12 siang agar mendapat pencahayaan yang pas. Sebab, ketika matahari sudah bergeser, cahaya akan menjadi sangat minim, bahkan sampai-sampai membutuhkan lampu senter selam. 
 

8 | Arborek

Raja Ampat masih bisa memanjakan kalian para Travelers! Ada sebuah spot bernama Arborek, di mana Travelers  bisa belajar menyelam secara bertahap mulai dari satu, dua, tiga, hingga 15 meter. Selain belajar menyelam dengan aman, Travelers  juga bisa menyaksikan gerombolan ikan dan terumbu karang lunak warna-warni di sini! Pastinya Travelers  akan betah menghabiskan waktu di Arborek!

 

Tak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri untuk menyalurkan hobi menyelam Sahabat Travelers , di Indonesia  tapatnya di Raja Ampat, Travelers  sudah bisa menikmati suguhan pesona bawah laut yang luar biasa. Nah, selamat liburan sobat Travelers. KH /dasir

 

 

 


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR
Bintang Hotel

Area Hotel

Kuis & Promosi
Voucher Hotel Berbintang
YELLO Paskal
Harris Hotel Citylink
Swiss Belresort Dago Heritage Bandung
MPHG TRAVEL FESTIVAL
https://www.instagram.com/p/CBPEQCsl_m0/
aston bogor
Hotel Partners
Media Partner